7 Kebiasaan Finansial untuk Nirlaba yang Sukses

Nirlaba yang sukses bukanlah kecelakaan bandar bola; mereka adalah hasil dari kepemimpinan yang menggunakan praktik manajemen keuangan yang sehat. Mengembangkan tujuh kebiasaan finansial berikut ini akan memastikan bahwa organisasi nirlaba Anda dapat dengan sukses memenuhi misinya dan menjadi pengurus dana donor yang baik.

Sama pentingnya, mengembangkan kebiasaan-kebiasaan ini akan memungkinkan Anda untuk memimpin dengan keyakinan dan fleksibilitas mengetahui urusan keuangan Anda teratur.

Jadikan penganggaran prioritas nomor satu

Nirlaba yang sukses tidak hanya melempar angka pada halaman dan menyebutnya sehari. Sebaliknya, mereka dengan hati-hati memikirkan dari mana dana berasal dan apa yang akan mereka belanjakan untuk pemrograman untuk memenuhi misi mereka.

7 Kebiasaan Finansial untuk Nirlaba yang Sukses

Mereka mengikuti proses yang jelas untuk memastikan asumsi laceeda yang digunakan untuk membuat anggaran mereka masuk akal. Hasilnya adalah anggaran yang berfungsi sebagai peta jalan yang mereka gunakan untuk memandu pengambilan keputusan sepanjang tahun.

Ketahui biaya program Anda

Nirlaba yang sukses tahu persis berapa biaya program mereka. Sistem akuntansi mereka dibuat untuk memungkinkan mereka mengalokasikan pengeluaran untuk program-program tertentu sehingga mereka tidak hanya dapat membuat keputusan berdasarkan informasi tentang cara beroperasi secara lebih efisien, tetapi juga mereka dapat secara akurat melaporkan kepada donor bagaimana dana mereka digunakan.

Memahami pentingnya arus kas positif

Nirlaba yang sukses tidak lengah dengan kurangnya dana. Mereka memiliki ide bagus tentang berapa banyak uang tunai yang akan tersedia pada saat tertentu untuk mendanai tidak hanya kegiatan pemrograman tetapi juga biaya operasional.

Baca Juga : Beli Waralaba, Dapatkan Uang atau Dapatkan Kehancuran?

Mereka memiliki cadangan kas yang cukup untuk mendapatkan organisasi melalui pasang surut dalam modal kerja. Ketika mereka menyadap cadangan mereka, mereka memiliki rencana untuk mengisi kembali mereka pada tanggal tertentu.

Tolak anggapan bahwa ‘overhead’ adalah kata yang kotor

Nirlaba yang sukses menantang mereka yang terus-menerus menyarankan mereka memotong pembicaraan. Sebaliknya, mereka mengakui bahwa biaya operasi umum (gaji kompetitif, tunjangan pinggiran, sewa, perlengkapan kantor, teknologi, dll.) Mendanai infrastruktur yang memungkinkan organisasi melakukan pekerjaan terbaiknya.

7 Kebiasaan Finansial untuk Nirlaba yang Sukses

Tenaga kerja tidak terampil, beroperasi di luar kantor yang berantakan, tanpa teknologi canggih adalah resep untuk bencana. Nirlaba yang berhasil merekrut dan mempekerjakan talenta terbaik dan memberi mereka alat yang tepat yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan yang hebat. Mereka menolak pemikiran kuno bahwa nirlaba berarti murah.

Pertahankan cadangan dana operasional

Nirlaba yang sukses memiliki cadangan operasional enam bulan atau lebih pada waktu tertentu. Mereka dipersiapkan untuk kehilangan hadiah utama yang tak terduga, atau kebutuhan tak terduga untuk menginvestasikan sumber daya tambahan untuk mencapai tujuan program.

Mereka memiliki pedoman tertulis untuk seberapa besar cadangan operasi mereka perlu, kapan mereka dapat disadap dan, jika mereka disadap, kapan dan bagaimana mereka akan diisi kembali.

Menjadi melek finansial

Nirlaba yang sukses memastikan anggota dewan dan staf melek finansial. Sementara literasi keuangan tidak harus naik ke tingkat CPA, dewan dan staf perlu memahami terminologi keuangan dan mereka perlu tahu cara membaca dan menggunakan laporan keuangan untuk memandu pengambilan keputusan mereka.

Jadilah pelayan yang baik dari dana donor Anda. Jangan menebak, tahu. Nirlaba yang berhasil membuat keputusan berdasarkan fakta bukan firasat.

Baca Juga : Dasar-dasar Investasi untuk Pemula

Berapa kali kita mendengar seorang anggota staf atau anggota dewan berkata “Saya pikir kita harus melakukan x” ketika apa yang ingin kita dengar adalah “Saya mensurvei konstituen kami dan inilah yang saya temukan: 93% tanpa x dan tidak memiliki sarana untuk lakukan berdasarkan informasi ini, saya meneliti berapa biayanya bagi kami untuk meluncurkan dan mempertahankan program untuk memenuhi kebutuhan ini. “

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *